Bulan November yang lalu adalah bulan pemilihan umum Ketua Umum dan Senator HMS ITB periode 2020-2021 dimulai. Rangkaian pemilihan umum, atau yang biasa disebut Pemilu diawali dengan pengambilan berkas, lalu pengumpulan berkas, rangkaian hearing, mingggu tenang, pemungutan suara, dan terakhir ditutup dengan pengumuman hasil pemungutan suara pada bulan Desember.

 

Rangkaian Pemlu sempat mundur 1 minggu dari rencana awal, karena terdapat kendala dalam pengumpulan berkas calon senator. Namun kendala tersebut tidak mengurungkan niat calon tunggal senator HMS ITB, Muhammad Sulthan Mahdy Al-Faruqi (15017124). Setelah berhasil lolos verifikasi berkas calon senator, Sulthan, langsung siap mengikuti rangkaian hearing yang telah direncakanan.

 

Lain halnya dengan calon ketua umum HMS ITB, Alif Luqman Kahfi (15017097) yang langsung lolos verifikasi berkas pertama. Namun, rangkaian hearing harus tetap ditunda karena sesuai dengan AD-ART HMS ITB, pemilihan umum ketua umum dan senator HMS ITB harus dilaksanakan secara bersamaan.

 

Hearing wajib dilaksanakan 2 kali untuk masing-masing calon dan dimulai pada tanggal 13 Desember 2019. Hearing by request pun diajukan oleh massa HMS ITB dan dilaksanakan oleh masing-masing calon. Sehingga, total hearing yang dilaksanakan adalah 6 kali.

Pemungutan suara pun dilaksanakan selama 3 hari, dari tanggal 27 hingga 29 Desember 2019. Pemungutan suara yang dilaksanakan di Sekretariat HMS ITB ini disambut dengan antusias oleh Massa HMS ITB. Total suara yang berhasil terkumpul dalam 3 hari tersebut adalah 414 untuk calon ketua umum dan 410 untuk calon senator.

 

Dari pemgutuan suara tersebut, terpilih lah Ketua Umum HMS ITB dan Senator HMS ITB selanjutnya!

 

 

Selamat untuk Alif dan Sulthan! Selamat menjadi pemimpin di HMS ITB!

 

Terima kasih juga untuk seluruh panitia pemilu dan massa HMS ITB yang telah menyukseskan rangkaian pemilu ini!

 

“Jika dan hanya jika aku anggota HMS, maka ketua himpunan adalah pemimpinku.

Jika dan hanya jika aku anggota HMS, maka seluruh anggota HMS adalah keluargaku”

Leave a Comment