Three Gorges Dam

Posted on Posted in Uncategorized

 

1

The Three Gorges DAM diklaim sebagai bendungan terbesar yang pernah dibangun oleh umat manusia. Bendungan ini merupakan jenis bendungan hidroelektrik yang dibangun di kawasan Sungai Yangtze, China. Konstruksi pembangunan bendungan ini dimulai pada 14 Desember 1994 dan selesai pada 30 Oktober 2008. Bendungan Three Gorges Dam ini dilengkapi dengan 26 turbin pembangkit listrik atau generator listrik dengan kapasitas masing-masing 700 MW. Listrik yang dihasilkan oleh bendungan ini sebagian besar merupakan produk komersial.

2

 

Bendungan Three Gorges Dam ini memiliki dimensi panjang 2.335 m (7.661 ft) dan dimensi tinggi 185 m (607 ft). Bendungan ini merupakan jenis gravity dam. Kapasitas yang mampu ditampung oleh bendungan ini sebesar 39,3 km3, daerah tangkapan (catchment area) sebesar 1.000.000 km2, dan surface area 1.045 km2. Material yang dipergunakan untuk pembangunan bendungan ini membutuhkan 200.000 m3 beton, 463.000 ton baja (jumlah baja sebanyak ini mampu membangun setidaknya 63 menara setara dengan Menara Eiffel), dan 102.600.000 m3 tanah. Pembangunan bendungan ini, khususnya untuk pembangunan dinding bendungan membutuhkan beton dengan dimensi panjang 29 meter (95 ft) dan dimensi tinggi 185 meter (607 ft). Tebal dinding bendungan pada bagian bawah setebal 1 meter (3,3 ft) dan tebal pada bagian atas setebal 40 meter (131,2 ft).

3

 

Selain menghasilkan listrik yang sedemikian besar, bendungan Three Gorges Dam ini juga berfungsi untuk irigasi bagi daerah pertanian yang berada di sekitar daerah tangkapan (catchment area) bendungan tersebut.
Karena sungai yangze merupakan urat nadi perekonomian, kapal – kapal yang melewati sungai ini tentu jalurnya akan terputus karena adanya bendungan tiga ngarai ini. Untuk itu dibangunlah shiplock untuk menghubungan kapal yang berlayar sebelum dan sesudah bendungan tiga ngarai ini. Shiplock mirip dengan dock kapal. Dirancang dengan ukuran panjang 280 m, lebar 35 meter dan dalam 5 meter. Shiplock ini mampu mengangkat kapal 14.000 ton sampai ketinggian maksimal 113 meter.

Cara kerja shiplock sederhana, pertama kapal yang akan diangkat atau diturunkan masuk ke shiplock (ruangan berbentuk segi empat). Pintu shiplock ditutup, air dipompakan ke shiplock dan kapalpun terangkat sampai ketinggian yang dinginkan. Saat kapal telah sampai pada ketinggian yang diinginkan pompa berhenti bekerja, pintu shiplock dibuka dan kapal siap berlayar. Karena Shiplock untuk mengangkat dan menurunkan kapal di bendungan tiga ngarai sangat tinngi (100 meter). Anda dapat bayangkan berapa tekanan air yang akan mendorong kontruksi alat ini. Untuk itu shiplock dibagi menjadi 5 tingkat (masing-masing 20 meter). Cara kerjanya kapal akan dipindahkan dari satu shiplock ke shiplock beikutnya.

Pembangunan apapun, terlebih lagi pembangunan di darat dan sumber-sumber air, sebaiknya memperhatikan juga dampak lingkungan yang akan diakibatkan bila pembangunan tersebut berjalan. Kerusakan lingkungan masih bisa ditolerir bila berada dalam batas yang sewajarnya.

Sumber :
https://civilengineeringdiscoveries.wordpress.com/2012/10/15three-gorges-dam/
berita-iptek.blogspot.co.id/2008/04/bendungan-tiga-ngarai.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *