Semen Dengan Karbon Dioksida, Terobosan Yang Mengusung Semangat Go Green

Posted on Posted in Uncategorized

Isu global warming dewasa ini menjadi perhatian sebagian besar kalangan masyarakat, termasuk para pelakon industri jasa konstruksi. Namun kemungkinan belum banyak dari penggiat konstruksi tersebut yang mengetahui bahwa material yang biasa dan umum digunakan dalam konstruksi bangunan yaitu beton ternyata menyumbang 5% dari gas CO­2 yang kita ketahui sebagai gas pembentuk efek rumah kaca yang menyebabkan global warming. Material beton sering bahkan selalu digunakan pada konstruksi gedung bertingkat tinggi (high rise building) di kota-kota besar. Saat ini di Jakarta terdapat sekitar 700 gedung bertingkat baik yang sudah selesai dibangun maupun sedang dalam proses pembangunan. Apabila kasarnya seluruh gedung di Jakarta terbuat dari beton, maka dapat dibayangkan berapa banyaknya CO2 yang dihasilkan?

Seiring dengan perkembangan teknologi konstruksi yang menginginkan material bangunan yang kuat dan ekonomis namun tetap mengusung semangat go green, maka diciptakanlah teknologi pengolah gas CO2 yang nantinya akan dibuat menjadi semen kalsium karbonat (CaCO3) dan dicampurkan pada campuran beton. Bahan semen CaCO3 ini memiliki struktur yang kuat dan tangguh seperti struktur kerang laut. Produk dengan semen CaCO3 ini lebih unggul pada beratnya yang lebih ringan namun lebih kuat. Bagian yang terpenting dari keunggulan semen kalsium karbonat ini adalah bahan materialnya yang bersifat green. Gas CO2 pertama kali akan di”tangkap” dalam sebuah capture and conversion plant dan dikonversikan menjadi CaCO3 dengan menambahkan residu karbida Ca(OH)2

o

Gambar 1 Gambaran proses pengolahan gas karbon dioksida menjadi semen kalsium karbonat

o1

Gambar 2 Proses kimiawi perubahan gas karbon dioksida menjadi semen kalsium karbonat

Pada tahun 2016 ini, University of California, Los Angeles (UCLA) mengeluarkan terobosan baru dengan menggunakan gas CO2 sebagai bahan dasar dari pembuatan suatu material konstruksi yang akan menggantikan semen. Ide dari terobosan ini yaitu untuk membuat limbah CO2 menjadi barang dengan nilai manfaat tinggi, yakni sebuah produk jadi. Penelitian ini juga sekaligus untuk menjadikan gas CO2 sebagai sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan untuk kedepannya. Dengan ditemukannya teknologi untuk merubah gas karbondioksida menjadi semen, diharapkan emisi karbon dioksida akan berkurang dan teknologi konstruksi akan lebih maju serta ramah lingkungan.

2 responses to “Semen Dengan Karbon Dioksida, Terobosan Yang Mengusung Semangat Go Green”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *