Kingom Tower, Saudi Arabia

Posted on Posted in Uncategorized

1       Arab Saudi saat ini tengah membangun gedung tertinggi di dunia hingga menembus awan. Rencananya, tinggi gedung bernama Jeddah Tower ini lebih dari 1 kilometer dan akan mengalahkan Burj Khalifa yang selama ini memegang rekor di Guinness World Record sebagai gedung tertinggi dunia yang ada di Dubai.

Megaproyek ini sudah mulai dibangun hingga lantai 26. Menara ini didesain untuk memiliki total 200 lantai.  Sedangkan puncak gedung yang menembus awan dengan tinggi 1 Km ditarget akan selesai pada 2020 mendatang. Jeddah Tower dulu dikenal sebagai Kingdom Tower.

2

Pembangunan menara ini berfokus pada bagaimana membuat bangunan yang sangat tinggi tanpa memerlukan luas yang signifikan. Beberapa bentuk menara dikembangkan pada tahap awal penelitian untuk memutuskan bentuk apakah yang paling efisien digunakan. Pada awalnya, bangunan didesain berbentuk kotak. Namun ternyata bentuk kotak tidak mampu mencapai target bangunan yang direncanakan. Desain bangunan kemudian diubah menjadi lingkaran dan kemudian segitiga. Walaupun dengan bentuk segitiga ternyata tinggi bangunan dapat bertambah, tetapi pertambahannya dinilai masih kurang.  Gambar di samping kanan menunjukkan bagaimana proses desain bangunan dengan terus menambah potensi ketinggian dari menara. Pada akhirnya, desain menara berbentuk “Y” terpilih sebagai desain menara Kingdom Tower.

Desain bangunan berbentuk “Y” menawarkan banyak keuntungan. Pemisahan sudut sebesar 1200 pada setiap sayap/sisi memungkinkan pengguna gedung dapat melihat pemandangan secara lebih luas, namun tidak dapat melihat secara langsung bagian sayap yang berdekatan dengannya, yang membuat pengguna memiliki privasi lebih. Bentuk “Y” juga akan memberikan akses pencahayaan dari luar yang lebih baik bagi pengguna gedung. Dengan bentuk ini, menara memiliki rasio lebar : tinggi sebesar 1 : 10.

345

Desain Struktural Kingdom Tower

Desain menara yang sangat tinggi tentunya membuat perancang perlu memperhatikan pengaruh angin terhadap struktur dengan perbandingan tinggi-lebar yang cukup besar. Seperti halnya burj khalifa, menara ini menahan angin dengan cara mengurangi luas penampang gedung seiring dengan bertambahnya ketinggian. Desain gedung yang melancip dapat dilihat pada gambar di samping kiri. Selain membuat gedung lancip ke arah atas, setiap sayap huruf “Y” juga dibuat lancip pada setiap ujungnya.

Struktur menara seluruhnya tersusun dari dinding beton bertulang yang dicor ditempat. Desain geometri struktur yang berulang juga memungkinkan bekisting untuk pelat lantai digunakan berkali-kali sehingga mengurangi biaya.  Sementara itu, kekuatan beton yang digunakan direncanakan untuk tidak lebih dari 115 MPa, serta 60-80 MPa pada ketinggian tertentu.  Ahli mix desain serta teknologi concrete-pumping akan dilibatkan untuk membuat beton bermutu tinggi pada bagian atas gedung.

6

Saat ini, pondasi menara ini telah selesai dibangun. Pondasi menara merupakan tipe pondasi rakit yang dibangun di atas 44 buah tiang pancang berdiameter 1.8 meter dengan kedalaman sejauh 50 meter.

78

Klien Kingdom Tower juga meminta sebuah helipad pada menara tersebut yang kemungkinan digunakan oleh sebagaian besar pemilik serta pengunjung Kingdom Tower. Rencananya, helipad tersebut akan dibangun pada lantai 157 dengan sebuah sky terrace yang membuat pengunjung dapat melihat pemandangan kota Jeddah dari ketinggian sekitar 630 meter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *