Dept. Kemasyarakatan

Kemasyarakatan

8

Kepala Departemen                : Gorby Wisaksono
Wakil Kepala Departemen    : Siti Raudhatul Fadilah

 

Visi
Meningkatkan kesadaran anggota HMS ITB terhadap isu kemasyarakatan sehingga timbul kepedulian untuk menjalankan perannya di masyarakat.

Misi
1. Menginformasikan isu kemasyarakatan kepada anggota HMS ITB
2. Memfasilitasi kajian isu kemasyarakatan bagi anggota HMS ITB
3. Memfasilitasi anggota HMS ITB untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat secara mandiri maupun bekerja sama dengan pihak luar HMS ITB
4. Menanggapi bencana yang terjadi di Indonesia

Program Kerja

1. Distraksi
Kegiatan yang berisi pemaparan hasil kajian rumpun KM-ITB yang diikuti HMS ITB atau kajian internal departemen kepada massa HMS yang dilanjutkan dengan berdiskusi dengan massa HMS ITB untuk menghasilkan suatu kesimpulan atau solusi. Selain itu, isu-isu hangat yang menarik minat anggota juga dapat dibahas dalam kegiatan ini.

2. Explore Kemasyarakatan! (EXO-K)
Kegiatan yang berisi tentang hasil kajian internal Departemen Kemasyarakatan, HMS ITB, dan dengan KM-ITB ataupun isu kemasyarakatan yang sedang hangat yang disajikan dalam sebuah artikel yang rapi untuk kemudian akan diberikan kepada Departemen Medkominfo untuk disebarluaskan melalui media sosial seperti line dan website HMS ITB. Dalam penyampaian isu kemasyarakatan juga akan dibuat infografis atau poster dengan desain yang menarik untuk meningkatkan ketertarikan massa terhadap isu kemasyarakatan.

3. Bakti Sosial Bersama Kita (Sosialita)
Bakti Sosial dilakukan dengan mengunjungi Panti Asuhan atau yayasan di Kota Bandung dan memberikan bantuan berupa uang, sembako, buku, bingkisan, dan lain-lain. Selain itu, program kerja ini dimaksudkan untuk menciptakan interaksi antara anggota HMS ITB dengan masyarakat tersebut sehingga muncul kesadaran dan kepedulian anggota HMS ITB.

4. HMS Mengajar
Memberikan fasilitas kepada anggota HMS ITB untuk melakukan kegiatan pengabdian masyarakat secara langsung. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan cara bekerjasama dengan SKHOLE dalam bentuk mengajar interaktif di daerah Kebon Bibit.

5. Sharing For Caring (SAFARI)
Memberikan pemahaman kepada anggota HMS ITB mengenai urgensi dilakukannya pengabdian masyarakat dan menumbuhkan sense of crisis anggota HMS ITB untuk melakukan pengabdian masyarakat dengan menginternalisasi isu kemasyarakatan.
Suatu acara berbentuk Talkshow dan Seminar, yang dihadiri oleh penggerak pengabdian masyarakat yang telah memiliki banyak pengalaman besar dan anggota HMS ITB. Dalam acara ini akan dilakukan sesi berbagi pengalaman dan pembahasan terkait isu kemasyarakatan yang ada sehingga dapat menjadi suatu pembelajaran bagi masing-masing pihak.

6. HMS Tanggap Bencana
HMS Tanggap bencana merupakan suatu bentuk respon dari HMS ITB dalam menghadapi bencana yang sedang atau telah terjadi di masyarakat khususnya di Kota Bandung. Respon tersebut dapat hanya berupa mem-blow up isu yang ada, atau langsung bergerak dengan menggalang dana atau aksi lain, baik secara langsung (independent), bekerja sama dengan lembaga lain, atau menyesuaikan dengan kebijakan kampus yang berkenaan dengan respon kebencanaan